Selasa, 20 Maret 2012

METODE BELAJAR SMART SOLUTION


Pendahuluan


Berhadapan dengan sesuatu yang tidak rutin dan kemudian mencoba menyelesaikannya merupakan cirri khas bagi makhluk hidup yang berakal. Pemecahan masalah (problem solving) merupakan latihan bagi siswa untuk berhadapan dengan sesuatu yang tidak rutin dan kemudian menyelesaikan. Ini adalah salah satu kompetensi yang harus ditumbuhkan pada diri siswa. Pada pemecahan masalah kita memberikan bekal pada siswa berbagai teknik untuk menyelesaikan masalah. Sehingga kita harus bisa menyediakan wahana bagi siswa SMP untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang matematika dan sains agar bisa berkreasi serta melakukan inovasi sesuai kemampuannya dengan memotivasi siswa SMP agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual berdasarkan norma – norma yang sehat sehingga dapat memacu kemampuan berpikir nalar. Kita juga harus bias menumbuhkembangkan suasana kompetitif yang sehat di kalangan SMP.
SMART SOLUTION, suatu metode belajar yang dikembangkan di lembaga pendidikan Primagama barangkali satu dari sekian banyak jawab untuk mewujudkan harapan – harapan kita pada siswa SMP pada khususnya. Metode ini memang lebih menitikberatkan pada bagaimana siswa dapat menyelesaikan soal dengan mudah, cepat dan praktis namun dapat dipertanggungjawabkan secara konseptual. SMART SOLUTION bukan sekedar rumus praktis, tapi juga mengedepankan logika-logika pengerjaan dan analogi-analogi. Metode ini tidak stagnan dan kaku, tetapi terus berkembang mengikuti perkembangan pengajaran itu sendiri. Metode ini dapat dipelajari dan dikembangkan oleh siapapun dengan syarat :
  1. Menguasai konsep materi
  2. Inovatif dan kreatif
  3. Berpikir positif
SMART SOLUTION terbukti banyak membantu siswa terutama pada saat menghadapi evaluasi-evaluasi belajar (UAN, PSB, SPMB dsb.) serta telah diakui dan diterima oleh banyak pihak baik guru-guru di sekolah maupun lembaga-lembaga pendidikan luar sekolah, karena memiliki sifat :
ü  SIMPLE. Penyelesaian soal sulit, panjang dan berbelit menjadi mudah ringkas dan praktis.
ü  MIND. Metode ini mudah dipelajari, diingat dan digunakan
ü  APPLICABLE. Bersifat umum dan dapat diterapkan pada semua soal sejenis
ü  RATIONAL. Masuk akal dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah
ü  TRICK. Terdapat trik-trik tertentu sehingga pengerjaan soal menjadi sederhana dan mudah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar